Home Top Ad

Responsive Ads Here

Solusi Ruang Sempit Untuk Apartemen Tipe Studio

Share:

Apartemen biasanya hanya memiliki ruangan yang tidak begitu luas pada ruang utamanya. Sehingga dalam mendesain sebuah apartemen selain memperhatikan bentuk ruangan dan ukuran ruangan. Kondisi ruangan juga perlu menjadi pertimbangan dalam mendesain sebuah interior pada apartemen. Berikut ini inspirasi dari kitchen set Jakarta Timur untuk Anda dalam mendesain beberapa ruangan apartemen mulai dari dapur, ruangan utama, kamar tidur hingga interior apartemen.  

Nah, dalam mendesain dapur apartemen juga harus memperhatikan luasannya. Terutama saat kita akan melengkapi dapur dengan kitchen zinc, kompor, Cooker Hood dan mesin cuci, bahkan bisa dilengkapi lemari es dan dispenser.


Selain itu, ruangan apartemen biasanya memiliki plafon yang agak turun. Bahkan ada juga yang letak AC-nya dipasang di langit-langit atas dengan mengurangi plafon. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan furniture dibagian bawah sehingga bukaan pintu tidak akan mengganggu AC. Namun, Anda juga harus hati-hati dalam peletakan AC seperti ini karena pengurangan plafon juga berpengaruh pada desain layout furniture interior.

Apartemen biasanya juga memiliki balkon di ujung terdekat pintu dan jendela. Biasanya ukuran pintu dan jendela dekat balkon cukup besar, sehingga area balkon terkesan memiliki area yang cukup luas.


Kemudian dalam menata dapur di apartemen, Anda bisa melengkapinya dengan lemari-lemari es di samping kitchen set dan lemari microwave di bagian atas lemari es atau di lemari kitchen set. Nah, disampingnya bisa diletakkan lemari dispenser dan rice cooker yang bisa ditarik. 


Nah, seperti biasa di samping lemari dispenser bisa diletakkan lemari seperti tempat penyimpanan sapu dan kain pel. Kemudian, dibagian bawah lemari juga terdapat almari untuk tempat penyimpanan stok galon. Dan dibagian atasbisa  dilengkapi dengan laci untuk tempat penyimpanan tisu dan perlengkapan lainnya.


Hal tersulit dalam desain interior apartemen adalah pada ruang utama. Anda pasti membutuhkan lemari pakaian, meja kerja dengan menggunakan komputer, serta meja makan dan meja rias. Nah, saat kita meletakkan ranjang pada posisi kamar, lalu kamarnya penuh? Oleh karena itu diperlukan perencanaan tata letak furnitur yang matang. Nah, ada berbagai solusi soal penempatan furnitur.


Pertama, terlepas dari posisi ranjang biasanya ada plafon yang agak mengecil dengan ukuran yang sangat tipis sekitar 30 cm ini akan mempengaruhi peletakan furnitur. Oleh karena itu Anda bisa meletakkan lemari rak kaca. Kemudian Anda bisa gunakan untuk meletakkan buku dan pajangan.

Nah, sementara di bagian atas ranjang Anda bisa ditambahkan lemari gantung dengan hiasan dinding di bagian bawah. Di sisi tempat tidur ini, bisa ditelakkan lemari gantung dengan rak kaca dan juga lemari. Kemudian di bagian bawah ada lemari bawah. Di satu bagian Anda sengaja dikosongkan dengan tujuan dan fungsi tertentu.


Selain itu, Anda bisa melengkapi apartemen dengan panel kayu dan cermin di bagian tengah yang berfungsi sebagai cermin meja rias. Meja rias juga dilengkapi dengan laci portable yang bisa dipindahkan. Anda juga bisa mengoptimalkan dengan kabinet gantung yang berfungsi sebagai lemari pakaian. Untuk mencapai area tersebut, Anda bisa menggunakan hydraulic lift di bagian dalam. Di bagian bawah Anda bisa menambahkan laci yang bisa dibawa keluar dan dibuka menjadi televisi.


Anda juga bisa merancang ruang kerja di apartemen dengan TV sebagai monitor. Nah, dalam peletakan TV juga bisa dilengkapi dengan lemari TV dan juga kabinet CPU di bagian bawah. Jadi TV ini juga bisa digunakan sebagai monitor komputer. Penggunaan panel multifungsi ini memberikan keuntungan bagi Anda. Sehingga, Anda bisa meletakkan pakaian Anda di bagian belakang. Karena televisi ini terhubung dengan CPU yang ada di bawahnya. Oleh karena itu ruangan ini dapat digunakan sebagai ruang kerja. Dimana Anda juga bisa meletakkan meja tarik geser yang bisa berfungsi sebagai meja kerja.


Kemudian, Anda bisa menambahkan lemari tambahan di bagian bawah yang juga bisa difungsikan sebagai lemari sepatu. Di bagian atas lemari sepatu juga menambahkan laci yang bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan kaos kaki. 

Selain itu, di bagian bawah lemari TV juga terdapat ruang kosong yang bisa kita fungsikan sebagai tempat penyimpanan lemari puff yang bisa kita gunakan sebagai kursi tambahan untuk meja rias. 

Di apartemen biasanya tidak ada meja makan. Nah, Anda bisa memanfaatkan meja rias sebagai meja makan. Dengan memindahkan lemari laci meja rias ke samping tempat tidur  dan juga geser meja rias ini ke arah tempat tidur. Anda juga bisa menggunakan kabinet dan bed puff sebagai kursi.

Area balkon di apartemen yang memiliki area yang cukup luas bisa difungsikan sebagai ruang serba guna. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat makan atau tempat kerja saat bosan di dalam ruangan utama apartemen. Anda bisa menambahkan meja lipat akrilik dan juga kursi di bagian belakang. Serta tambahkan beberapa tanaman dalam pot agar ruangan terlihat lebih fresh dan fresh. Ruang balkon sering lupa untuk dioptimalkan. Padahal selain itu ruang balkon ini dapat memberikan keunikan pada interior apartemen Anda. juga dapat memberikan keuntungan ruang tambahan. 


Tidak ada komentar