Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tips Cepat Membersihkan Lemari Asam

Share:
Bergelut dengan bahan-bahan kimia bisa membahayakan dan tentunya bisa membuat anda semakin ekstra berhati-hati. Memahami prosedur keamanan lab / labsafety procedure menjadi hal penting yang seharusnya wajib dijalankan.

Sebab berinteraksi dengan bahan-bahan kimia yang membahayakan bukanlah perkara mudah. Bahan kimia bukan cuma dapat merusak jaringan jasmani melainkan juga dapat mengganggu fungsiolan tubu dan yang lebih parah bisa mengakibatkan kematian.

Oleh sebab itu, sebaiknya dalam menjalankan percobaan kimia yang membahayakan ialah dilakukan di dalam lemari asam. Lemari asam juga seharusnya di bersihkan. Di bawah ini kita akan bahas tips membersihkan lemari asam dengan baik dan benar.

Pemahaman kepada prosedur keamanan lab / labsafe procedure menjadi hal yang penting tetapi bukan satu-satunya, sebab biar bagaimanapun anda harus bahkan wajib di dukung dengan bagian atau komponen-komponen lab yang memadai. Lab yang jika berkaitan dengan bahan kimia yang membahayakan diwajibkan mempunyai alat laboratorium seperti lemari asam / fume hood.

Hal-hal yang seharusnya anda lakukan dalam membersihkan lemari asam yakni periksa kebersihan dari lemari asam baik dari uap, debu ataupun dari tumpahan zat. Terdapat tumpahan zat dalam lemari asam, amati dari tipe pereaksinya : asam atau basa. Anda dapat memeriksanya dengan bantuan lakmus atau pH test lainnya.

Mengenal tipe pereaksi yang tumpah dalam lemari asam, ada dua metode yang dapat dilakukan. Yakni, Pertama, apabila yang tumpah merupakan zat asam, pakailah larutan penetral natrium karbonat (Na2CO3) yang bersifat basa dan akan menyatu dengan ion OH ketika dilarutkan dengan air.

Kedua, kalau yang tertumpah merupakan suatu zat basa, maka pakai larutan penetral ammonium klorida (NH4Cl). Larutan yang demikian yakni kristal putih garam dan benar-benar akan larut dalam air. Kemudian larutkan dengan air dan seketika bersihkan dengan memakai lap.

Dengan mengenal hal-hal apa saja yang seharusnya anda observasi dalam pemakaian lemari asam dan tips bagaimana membersihkan lemari asam dengan baik dan benar akan membuat alat anda bukan hanya menjadi awet tetapi juga meningkatkan keselamatan kerja. Selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar